Jika Kamu Kena AIDS

Penelitian tentang AIDS telah mendokementasikan berbagai diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Cina. Pengabaian dan salah mengerti tentang penyakit ini telah dipandang sebagai alasan utama terjadinya diskriminasi dan stigma ini. Namun hingga saat ini pemahaman tentang konstruksi social tentang hal tersebut masih belum memperoleh perhatian yang memadai khususnya pada konteks masyarakat Cina. Penelitian ini berfokus pada bagaimana proses konstruksi social tentang HIV/AIDS ini dibentuk, dialami, ditanggapi dan barangkali direkonstruksikan kembali melalui interaksi antar pribadi di dalam masyarakat.

Artikel ini didasarkan pada sebuah studi kualitatif tentang pengalaman ODHA yang sedang sakit di Cina dengan memfokuskan tentang bagaimana HIV/AIDS sebagai konstruksi social dipahami oleh para ODHA dalam konteks interaksi mereka sehari-hari. Artikel ini menggambarkan bahwa meski pengetahuan tentang HIV/AIDS dari ODHA sudah cukup tinggi tetapi persepsi dan respon mereka terhadap penyakit ini sangat dipengaruhi oleh pengalaman dalam berinteraksi dengan pihak lain seperti keluarga, teman, dan tenaga kesehatan. Konflik antara pengetahuan tentang HIV/AIDS yang mereka miliki pada satu sisi, dan reaksi mereka yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari pada sisi yang lain telah menyiratkan bahwa pendidikan HIV/AIDS seharusnya tidak terbatas pada peningkatan pengetahuan semata, tetapi juga harus memperhatikan aspek interpersonal dan interaksi dari diskriminasi dan upaya-upaya untuk melawan hal tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Praya, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
AKU tu orangnya gemana ya???? ga bisa ngenilai diri sendiri nieh, aku bilang ini, eh temen bilang itu, tapi aku tu ngerasa kalo aku oarangnya suka fun, bertengkar ga banget deh malleeeezzzzzz, suka dengerin music rnb and clubbing ria di kamar, suka banget nonton tv apalagi acra luar negeri ga ngebosenin.... aku tu ngarepin kalian pada nge follow aku .aku ku pengen banget punya temen yang banyak sekian about me,,, makanya jadi temen aku aja biar aku bisa cerita lebih panjang lebar lagi sapa ku ini..

Plurk On Me.,,.